Kamis, 04 Agustus 2011

ulasan menjadi cantik ala islam

kali ini gue pengen nulis dari buku karya ummu ahmad rifqi..wkt itu buku ini menjadi tema utama saat dauroh di masjid astra...

wajibnya memahami ilmu syar'i..

kebodohan kerap kali menjadi penyebab timbulnya berbagai macam problem kehidupan dalam keluarga. dan obat kebodohan adalah ilmu, sebagaimana sabda nabi dalam sebuah riwayat:

"mereka membunuhnya, semoga Alloh membunuh mereka. kenapa mereka tidak bertanya jika tidak tahu? sesungguhnya sembuhnya sebuah kebisuan berasal dari bertanya" (diriwayatkan oleh imam abu dawud dalam sunannya (285), ibnu majah dalam sunannya (565), imamm ahmad dalam musnadnya (2898))

kebisuan hati dari ilmu dan kebisuan lisan dari berbicara adalah penyakit dan obatnya adalah bertanya kepada ulama.

ilmu yang bermanfaat afalah ilmu yang bersumber dari lentera Al-kitab dan As-sunnah sesuai dengan pemahaman para sahabat dan tabi'in, baik itu dalam soal ma'rifat kepada Alloh, hukum halal-haram, zuhud, kebersihan hati maupun akhlak mulia.

ilmu yang bermanfaat merupakan pembasmi paling tepat untuk memusnahkan secara tuntas dua penyakit ruhani yang paling berbahaya, yakni syubhat dan syahwat. oleh karena itu, seorang pendidik sebelum memulai mendidik keluarganya, ia harus membekali dirinya dengan ilmu. ilmunya itu akan mempermudahnya dalam berdakwah di tengah keluarganya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar