Senin, 24 Februari 2014

pengaruh kecerdasan emosional terhadap sikap peduli lingkungan pada siswa


setelah berjuang selama 2 semester dengan penuh pengorbanan. gue mau memberikan sedikit hasil penelitian skripsi gue. semoga bermanfaat.

ABSTRAK
Hesti Meiliana. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa SMAN 80 Jakarta. Skripsi, Jakarta : Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap sikap peduli lingkungan pada siswa di SMAN 80 Jakarta Utara.Waktu penelitian bulan November sampai dengan bulan Desember 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X,XI,XII dengan jumlah 813 siswa. Teknik sampel yang diambil menggunakan random sampling dan jumlah sampel sebanyak 62 responden.
Variable X dalam penelitian ini adalah Kecerdasan emosional dan variable Y adalah sikap peduli lingkungan.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Semua instrument soal sebelumnya diuji coba dan  dinyatakan valid dengan hasil Sig ≤ 0,05. Hasil pengukuran reliabilitas dengan Croanbach’s Alpha variabel X sebesar 0,930 dan variabel Y sebesar 0,935. Hasil uji normalitas untuk variabel X sebesar 0,065 dan variabel Y sebesar 0,144. Uji linearitas dengan diperoleh nilai Sig 0,000. Nilai sig  0,000< 0,05 maka tolak H0, artinya dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap sikap peduli lingkungan Nilai koefisien determinasi adalah  0,427, hal ini berarti 42,7% sikap peduli lingkungan siswa SMAN 80 dipengaruhi oleh kecerdasan emosional.
Berdasarkan perhitungan dihasilkan skor kecerdasan emosional mayoritas berada pada kategori sedang sebesar 80% dan sikap peduli lingkungan mayoritas berada pada kategori peduli sebesar 75%.
Dengan demikian  kecerdasan emosional dan sikap peduli lingkungan pada siswa di SMAN 80 Jakarta adalah baik , hal ini dibuktikan dengan adanya partisipasi siswa dalam memelihara kebersihan dan kenyamanan di lingkungan sekolah sehingga sekolah ini mampu mendapatkan berbagai macam penghargaan di bidang lingkungan.





Kata kunci :Lingkungan, Kecerdasan, Emosional, Peduli, Sikap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar