Rabu, 11 Maret 2015

INSPIRASI PROFESI : GURU aka Ustadzaah

bismillaah,,,

di siang terik ini, di keramaian celotehan anak-anak yang beristirahat dari penatnya ujian hadits.
aku sempatkan untuk menulis ini. sekelumit kesibukkan seorang guru di sekolah swasta fullday.
sedikit meringankan beban seorang ibi di rumah. aku pikir ini bukanlah sebuah pekerjaan. tapi ini merupakan sebuah amal kita untuk kelak seseorang tidak dapat lagi beramal.

seorang ibu butuh bantuan. bantuan dari saudaranya yang memang sudah memiliki karakter dan ksih sayang terhadap dunia anak-anak. mendidik generasi berikutnya menjadi lebih baik. jangan pikir menjadi seorang guru itu adalah pekerjaaan. guru itu menurut saya seorang yang mulia. apa yang dikeluarkan tak sebanding dengan apa yang dimasukkan. jauh sekali. seorang guru bukanlah pekerjaan.

memutuskan untuk menjadi seorang guru itu artinya memutuskan hidupmu menjadi seorang ibu atau seorang ayah. yang senantiasa pembicaraan kita ditelan bult-bulat. utuh tak tersaring. jangan harap suara kita dibuang begitu saja. yang baik maupun yang buruk pasti mereka telan. ironi memang. bagus sekali ketika ucapan dan perbuatan kita yang baik diambil mereka. jika sebaliknya, maka siap-siaplah bertaubat. karena semuanya akan diamalkan oleh murid kita.

memutuskan menjadi seorang guru adalah pilihan dimana hidup kita harus penuh kesabaran. setiap tingkah mereka yang menusuk, kita harus punya sejuta kesabaran di dalam dada kita. waktu kita tersita penuh untuk mereka. tidak ada istirahat bagi seorang guru. istirahat kita hanya dalam shalat, meninggalkan semua aktivitas kita. di rumahpun untuk tugas sampai ujian, hari ini orangtua murid mudah bertanya kapanpun. tidak mengenal istirahtnya kita di rumah. pedih memang, tapi bersabarlah.

karena suatu amal yang dikerjakan oleh seseorang, kemudian diamalkan lagi oleh yang lain, kemudian seterusnya pada anak cucu mereka. itulah pahala tak terhingga bagi seorang guru.

My students fieldtrip
Di terik siang sebuah sekolah yang menginginkan baiknya akhlaq generasi selanjutnya

#challengesIHB #IndonesiaHijabBlogger

2 komentar:

  1. Assalamualaikum Mei..
    Bagus tulisannya,, tapi untuk challenge IHB masih belum memenuhi syarat karena belum ada link balik ke post IHB.. :)
    Hihihi..

    Salaam,
    IHB

    BalasHapus
  2. maksudnya link balik ke post IHB tuh gimana mbak ? kasih tau caranya dong.

    BalasHapus