Kamis, 17 November 2016

membuat anak patuh pada perintah kita

bismillaah...
kayaknya nih blog udah berdebu dan berlawa-lawa laba-laba deh.
saking udah berapa lamanya gak berkunjung atau menulis disini.
saya mau nulis tentang perkembangan sikap pada anak. terutama anak esde.
ya anak sd. karena saya sendiri guru sd.hehe..
bahasa judulnya gak nahan yak ? iyak banget...
ide nulis ini tercipta. halah tercipta... iya tercipta karena perasaan gue yang gak tahan kemarin di kelas 6 ikhwan. (maap pake bahasa gue. abis kalo pake saya berasa formal bingit. maap juga gak sopan pake bahasa gue. abis yaudahlah gue nyaman dengan nulis "gue" daripada saya. karena ini bukan skripsi yang mesti dikoreksi dosen..hehe)
balik lagi...
nah kemarin itu gue keseyyeeeelllll banget sama mereka. dan itu kayaknya pouncak banget. ceritanya gini..
itu hari selasa, dan gue masuk mereka belum rapih. masih mainan. berasa dicuekkin banget gue masuk di kelas, mereka masih mainan. akhirnya gue bilang. apa masih mau main? dan mereka mulai duduk pada tempatnya.emang sih orang belajar gak boleh dipaksa. tapiiiiiii.... mereka juga gak boleh maksa aturan sekolah sesuai keinginan mereka. akhirnya gue panjang lebar tuh di kelas ceramah. karena gue bukan tipe guru yang suka marah-marah. akhirnya gue lebih milih keluar daripada ngomel-ngomel ngabisin energi.
"kalian seneng gak sih di marahin?"
"kalo us*******(sensor sebutan gue di sekolaan..haha). ga seneng dimarahin. jadi orang dimarahin tuh ga enak. kalo kalian ngerasa dimarahin ga enak. yaudah jangan buat orang marah."
"kalian pernah liat us***** ngomel2? gak kaaannn... jadi tolong kalo udah ada guru. siapapapun itu. us****** kek atau us********* yang lain kek. kalian harus tetep bersikap baik. ngerhargain. daaaan uang tuh bukan segalanya yang bisa kalian gunain buat kalian beli apapun yang ingin kalian beli. dunia dan akhirat itu gak bisa kalian beli dengan uang. us******** sih bisa aja ngasih nilai 100 ke kalian. kalian mau nilai berapa us********* kasih. tapi pertanggungjawaban kalian sama Allah dan dengan teman-teman baru kalian nanti kalo udah lulus itu gimana?. kalian yakin bisa UN ? dengan cara kayak gini?. kalian bisa dapet nilai 100, tapi ilmu gak kalian dapetin. rugi !
*heningggggggggggggggggggggggggggg*
trus ada satu murid yang ma syaa Allah. yang ditakutin sama temen-temennya. murid-murid lebih takut sama satu orang ini daripada gurunya. *cuma bisa berdzikr*
setelah itu gue langsung masuk materi tapi suasananya tuh kayak ngegantung gitu. hening. setelah selesai gue jelasin materinya. alhirnya gue suru mereka kerjain tugas. trus gue keluar kelas. dan tau gak si anak satu ini nutup pintu dengan keras. dan gue bener-bener tersinggung. gak balik lagi ke tuh kelas sampe bel pulang. karena gue udah kadung kesel sama mereka. ngambil buku dan spidol gue pun nyuruh anak kelas 4. *hari ini ditutup dengan kekesalan*

kalian tau gak kunci terpenting dalam membentuk karakter anak menjadi pribadi yang berakhlaq baik ?
pertama adalah tanamkan rasa tauhid kepada Allah. rasa takut kepada Allah. saat tauhid mereka telah tertanam pada hati. in syaa Allah anak-anak menjadi pribadi yang baik. tidak menyakiti hati orang lain, merasa diawasi sama Allah. jadi setiap mereka ingin melakukan keburukan, mereka akan selalu ingat, bahwa semua akan dibalas Allah. akan dipertanggungjawabkan.
penanaman tauhid kepada Allah itu saat mereka lagi seneng-senengnya ngoceh. seneng-senengnya nanya aneh-aneh. dan saat pertama kali mereka mulai berbicara. satu kata yang harus mereka bisa lafalkan adalah "Alloh" subhanahu wata'ala.
kita ngobrol sama mereka.
"siapa yang menciptakan kita ?" Alloh
"siapa yang ngasih makan kita?" Alloh
"siapa yang ngasih dede coklat?" Alloh
Alloh maha Kuasa atas semua perbuatan kita. kita gak boleg berlaku curang dengan siapapun. karena Alloh selalu mengawasi kita dengan kekuasaan-Nya.

percayalah, saat Allah sudah mencintai kita. maka semua makhluk yang ada di bumi dan langit juga turut mencintai kita. maka jadilah hamba yang dicintai Allah.

jakarta, 10:08. ruang guru. 18 nov 16

1 komentar: