Kamis, 18 Februari 2016

story about SUPIR P53 . supir dengan sertifikasi wajah artis ( jurusan kampong melayu – kampung rambutan)


Pukul empat teng seperti biasa saya bersiap-siap untuk pulang ke rumah. Setelah seharian duduk diam dan ngajar di kelas. Saya tergopoh-gopoh mengejar metromini satu ini. Menuruni anak tangga dari lantai dua ke lantai satu, kemudian mengisi absen dan bersalaman dengan orangtua murid yang menjemput anaknya. Inilah rutinitas saya. Sebagai guru yang memakai pakaian seragam di luar kebiasaan guru-guru Indonesia. Saya memakai seragam ala sekolah ini. Yang tak lain adalah pakaian ibadah juga. Tertutup dari ujung kepala hingga ujung kaki. Termasuk wajah. Untuk urusan menutupi wajah sebenarnya ini kebebasan dari pihak sekolah. Mau pakai atau tidak terserah. Karena banyak pengajar yang memakai penutup wajah juga, akhirnya saya memutuskan untuk memakai juga. Meski harus buka tutup, ya semoga ini dihitung sebagai pahala dan pembelajaran saya. Bahwasanya disini ada para pengajar laki-laki yang sudah beristri dan wajib dilindungi oleh pandangan yang membuat fitnah. Karena cantik ataupun tidak cantik, setan akan tetap menghiasi para wanita untuk terlihat cantik di depan laki-laki non mahram. Selalu ada celah setan untuk mensiasati misi utama mereka. Perceraian.
Balik lagi masalah supir metromini ini. Dari awal saya dipindahkan ke daerah condet. Saya memutuskan untuk tetap ngangkot. Karena naik motor itu luar biasa membuat badan lelah. Terutama saya wanita, yang terlalu riskan jika terus menerus naik motor. Akhirnya saya putuskanlah untuk naik angkot. Dari rumah naik transjakarta, kemudian naik metromini P53 turun di condet pas depan sekolah. Jalan dulu dikit sih ke dalem.
Naik angkot pagi-pagi itu membuat saya harus jalan lebih pagi. Karena Jakarta super macet. Naik busway turun di kampong melayu kemudian naik metro53. Dan ceritanya ada satu supir masih muda. Dan wajahnya mirip banget sama andika pratama. (mungkin penglihatan saya aja sih). Supir satu ini bener-bener masih muda dan gak layak jadi supir metro. Bener-bener keliatan bukan pack wajah supir metro. Sayang aja kayaknya kalo dia jadi supir. Mungkin layaknya jadi artis. Selama berbulan-bulan saya naik metro, saya kebetulan sering ketemu sama abang ini. Tiap saya duduk dan supirnya dia. Berasa disupirin sama andika pratama. Pernah suatu kali ada anak kecil sd naik metronya. Anak kecil ini diajak ngobrol, becanda dan baik banget. Jarang banget ada abang supir metro yang ramah sama anak kecil. Biasanya marah-marah, galak, trus ngerokok. Meski abang satu ini ngerokok tapi gak sering kayak si keneknya. Sepanjang perjalanan dia ngerokok paling 1 batang. Gak lebih kayaknya. Malah saya jarang banget liat abang ini ngerokok.
Pernah juga ada ibu-ibu dan anaknya yang menuju sekolah montesorri. Sekolah anak-anak luar biasa. Tapi abang ini baik. Si ibu dan anak ini duduk. Nah anak ini mau duduk di depan tapi gak dibolehin. Eh ama abang ini malah disuruh duduk di depan.
“gak papa bu, duduk sini. Gapapa..” ucap abang ini sambil nyuruh anak ini duduk di kursi paling depan sebelah abang ini.
Selama beberapa bulan saya gak naik metro, alias jadi rider. Naik motor selama kurleb 2 bulan. Baru awal februari ini saya naik metromini. Dan suka bertanya-tanya kok jarang ngeliat nih abang supir yang kayak andika pratama. Terus akhirnya saya pernah suatu kali ketemu. Si abang duduk di halte biasa ngetem 53, di depan condet. Mungkin abangnya lagi gak nyupir dulu kali. Pikir saya.
Eng ing eng… sore ini selepas ngajar dan berniat pulang. Sperti biasa jalan ke depan dulu nunggu p53. Apesnya sudah satu metro lewat. Eh baru lewat satu, lewat satu lagi. Metro53 ini kalo udah  lewat satu, biasanya lama lagi nunggunya. Alhamdulillah hari ini macet. Terus saya liatlah metro yang lewat barusan, alhamdulillaah masih deket dan bisa ngejar. Meski udah specchles gak dapet karena lari-larian ngejar metro satu ini mau jalan cepet-cepet. Nih abang tega banget saya udah lari-larian begini dia masih aja gak mau berenti nungguin. Alhamdulillah metronya kena macet mobil anak-anak yang baru pulang juga. Oh iya, kalo mau buru-buru mending jangan lewat condet pas pagi dan sore. Macetnya naudzubillah. Ini sih saya sabarin aja, karena ngajar di sekolah ini saya nyari pengalaman dan bersedekah ilmu. Mudah-mudahan sabarnya saya di sekolah ini dapet pahala.
Akhirnya saya naik juga metro ini. Meski Cuma saya doang yang jadi penumpangnya. Tapi alhamdulillaah bisa dapet metro, gak nunggu lama. Pas saya duduk dengan nafas tersengal-sengal, saya liatlah si supirnya. Ya Alloh, ini si abang satu itu. Supir masih muda yang ga layak jadi supir karena muka tipe artis. Dengan tergesa- gesa si supir bawanya. Karena balap-balapan sama metro yang depannya. Sempet deg-deg an juga sih. Karena saya belum nikah, gak banget kalo kenapa-kenapa gegara naik metro. Metro yang di depan ternyata memutuskan untuk isi bensin. Dan angin segar berhembus, metro ini bisa nyusul metro depannya. Eh tetep aja nih jalanan macet. Bisa-bisa yang isi bensin udah nongol lagi di depan. Karena posisi metro ini ada di belakang pom bensin. Dengan ide yang cemerlang si metro ini belok juga ke pom bensin demi menyalip mobil di depannya. Finally metro ini bisa ada di posisi depan. Pas di depan jalannya sempet lelet. Mungkin nyari penumpang. Dan dari arah yang berlawanan ada metro yang nyalip-nyalippan, ya Alloh serem banget. Si supir mirip andika pratama ini bilang istighfar bang, istighfar. Dengan muka senyum. Nah loh, ini si abang supir gatau  nasihatin gatau cengengesan. Bilang nasihatnya sambil senyum. Padahal dia tadi jugasalip-salipan. Pas udah mau jalan lagi sempet ngerem mendadak. Pas sayaa liat lewatlah 2 bocah naik sepeda. Dan si abang supir ini sambil senyum bilang etdah bocah. Sambil ketawa-ketawa. Kalo supir yang lain mungkin udah ngomel-ngomel kali nih. Dan dia selalu menampakkan keramahan pada anak kecil. I like him.
Si kenek ini ribet sama hendphone. Eh ternyata mereka dapet charteran ke museum kebangkitan nasional. Sampe kampong melayu, kita diturunin terus mereka bilang. Abis-abis. Tapi kalo ada yang mau ke senen boleh-boleh ikut nebeng.
Oh ya Alloh. Ini kebetulan amat. Gue pulang nebeng sampe depan halte palputih tanpa perlu naik busway lagi. Ucap saya dalem hati.
“mbak, mau ke senen..”
“iya bang..”
“tapi Cuma sampe flyover..”
“iya bang gapapa”
“emang mbak turun dimana?”
“di palputih bang..”
“…”
“deket mana mbak”
“deket kwitang bang”
“dimana tuh mbak”
“hmm…”
“…”
“mbak tau rumah sakit paviliun ga”
“paviliun bang”
“iya rumahsakit pavilion”
“hmm..gatau bang”
“…”
Metro terus melaju lurus menembus jalanan jatinegara. Hingga matraman.
“mbak tau  rumahsakit paviliun ga?” nanya lagi.
Dalem hati cengengesan ini gue. Baru ada supir metro kaga tau jalanan.
“rumah sakit paviliun ?” saya nanya lagi meyakinkan
“iya mbak rumah sakit paviliun” jawab abangnya sambil teriak.
Berasa budek ngobrol di metromini tuh. Haha..
“paviliun dimana bang. Pavilion kartika bukan bang?”
“iya mbak paviliun kartika”
“masa mbak bolak balik jalan lewat sini kaga tau rumah sakit paviliun kartika” ucap si abang dengan polosnya.
“ooh.. itu mah RSPAD bang..saya tau itu mah” jawab saya sambil senyum-senyum di balik masker. Ngetawain supir mirip andika pratama ini yang lugunya gak ketulungan. Dan dia ini supir tapi kelakuannya bener-bener kaga mirip supir metromini.
“dari sini tinggal lurus aja bang. Jangan naik flyover, lurus aja bentar lagi kalo dari lampu merah”.
“emang disitu ada museum kebangkitan nasional mbak?”
“ehm…gatau bang” jawab gue sambil mikir dimana tuh letak museum kebangkitan nasional
“katanya disitu ada museum kebangkitan nasional.gedungnya warna ijo”
“hmm…saya gatau bang kalo museumnya” jawab gue sambil usaha nyari ke google map. Tapi karena gue bentar lagi turun kaga jadi inisiatif nyari ke google map.
“jadi ini lurus aja mbak?” Tanya dia lagi
“iya bang lurus aja. Tar jangan naik fly over. Lurus aja pokoknya. Nanti ada lampu merah tingggal lurus. Nah bentar lagi tuh pavilion kartika RSPAD.” Jawab saya sambil ucap dalem hati. Sebenarnya siapa supir siapa penumpang sih. Haha..
And finally saya sampe di palputih. Dan mesti berpisah dengan abang satu ini. Supir metromini yang lugunya gak ketulungan.
“turun sini mbak?”
“iya bang..”
“makasih ya bang..”
“iya mbak makasih..” ucap supir
“makasih ya mbak..”ucap keneknya
Dan baru gue denger supir bilang makasih ke penumpang karena ditunjukkin jalan. Dan makasih juga ya bang atas tebengannya. Hari ini saya irit Rp3.500.
Kalo kalian yang baca ini naik metro53 dan ketemu abang supir mirip andika pratama. Percayalah dialah supir paling lugu di Jakarta. Atau seindonesia.hehe.
Selepas saya turun dan meratiin dulu metromini satu ini, ngeliat si abang dan keneknya senyum-senyum. Entah senyum kaga tau jalan atau ngetawain saya. Jilbaber yang berani-beraninya percaya ngikut metromini keluar jalurnya demi mengirit ongkos dan males transit di busway.haha..
Nyampe rumah saya cerita ke adik dan ponakan saya tentang letak museum kebangkitan nasional. Mereka bilang iya bener deket RSPAD belakangnya. Dan mudah-mudahan si abang itu nyampe tepat waktu juga gak kesasar. Karena daritadi udah ditelponin sama si penyewanya untuk cepetan jemput mereka.

((berharap pihak trans7 baca terus jadiin abang supir ini asli apa palsunya andika pratama))

1 komentar:

  1. Hesti naksir kenek .... subhanalloh ... nikah Heess~~ (bikin Kesel)

    BalasHapus